Thursday, November 5, 2009

Menuntut ilmu

Bismillahirrohmanirrohim....

Abis ikut Kajian Jum'at, cuma mau share aja materi kajian kali ini, meski sedikit semoga bermanfaat khususnya bagi saya pribadi :

Temanya sebenarnya tentang ilmu dan keutamaannya, lebih banyak kita menyimak ayat - ayat yang telah Alloh firmankan dalam Al-Qur'an sumber segala macam ilmu....

Diantara keutamaan dari orang yang berIlmu adalah :

Orang yang berIlmu itu takut kepada Alloh
QS. Faathir ayat 28 yang berbunyi :
"Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang - binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama[1258]. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun."
Kata ULAMA dalam hal ini adalah orang-orang yang mengetahui kebesaran dan kekuasaan Allah.

Orang yang berilmu pasti mengakui keesaan Alloh
QS. Ali 'Imran ayat 19
"Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab[189] kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.:

Orang yang berilmu memiliki derajat yang tinggi
QS. Al Mujaadilah ayat 11
"Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Orang yang berilmu itu pasti menjadi tempat untuk bertanya
QS. Al Anbiyaa' ayat 7
"Kami tiada mengutus rasul rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang-laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui."

Hati sebagai loker ilmu yang bermanfaat sedangkan Otak adalah loker yang menampung ilmu yang tidak manfaat

Bersambung.....

No comments: